Tips Sebelum Membeli Sugar Glider

Membeli Sugar Glider membutuhkan kejelian dan pengetahuan. Karena yang sering terjadi adalah calon pembeli merasa tertipu oleh seller. Padahal bisa saja calon pembeli lah yang terburu buru.

Beberapa hal terkadang terlewatkan oleh calon pembeli. Seperti membaca atau mempelajari tentang Sugar Glider terlebih dahulu. Dan mencari informasi sebanyak banyaknya tentang seller atau peternak. Karena reputasi seller atau peternak cukup berpengaruh di kualiatas Sugar Glider.

Berikut adalah tips memilih Sugar Glider :

1. Pelajari telebih dahulu tentang Sugar Glider.

Mempelajari kebiasaan Sugar Glider sebelum memelihara adalah suatu kewajiban. Dari cara handling, makanan hingga model kandang yang harus digunakan. Karena jika anda sudah mengetahui apa yang dibutuhkan, maka anda akan lebih mudah untuk mempersiapkannya.

2. Pilih Seller atau Peternak yang Terpercaya.

Memilih seller atau Peternak memang susah susah gampang. Bukan hanya kepercayaan, akan tetapi juga kualitas yang harus dipertimbangkan. Dari kualitas Sugar Glider hingga kualitas dari seller atau peternak itu sendiri.

3. Mintalah video Sugar Glider saat di handle atau di luar kandang.

Video akan sangat membantu calon adopter untuk mengetahui karakter dari Sugar Glider tersebut. Jika seller atau peternak menjelaskan karakter Sugar Glider “Selayaknya Karakter Joey” atau “Karakter Khusus Breed/Ternak” mintalah penjelasan yang detail. Karena kedua kalimat diatas memiliki ukuran yang berbeda di setiap seller dan breeder.

4. Datang Langsung ke tempat Seller atau Peternak.

Mendatangi tempat mereka adalah salah satu hal yang terpenting. Karena anda bisa memastikan apakah Sugar Glider tersebut cocok dengan apa yang anda harapkan. Jika tidak cocok, anda hanya akan kehilangan waktu dan sedikit biaya. Sekaligus anda dapat memastikan seberapa bonafit seller atau breeder yang sudah anda pilih.

5. Jangan pilih Sugar Glider berdasarkan harga, tapi sesuaikan dengan kriteria anda.

Akan sangat disesalkan jika anda memilih harga yang lebih murah akan tetapi tidak sesuai dengan keinginan anda. Untuk varian Classic Grey biasanya hanya berbeda 50,000-100,000 rupiah saja akan membedakan banyak hal. Karena dengan perbedaan harga tidak terlalu jauh, anda akan mendapatkan Sugar Glider yang sesuai dengan kriteria anda.

6. Pastikan Sugar Glider berusia lebih dari 1,5 bulan, mandiri, sehat dan lengkap.

Dianjurkan memelihara Sugar Glider usia diatas 1,5bln karena biasanya di usia tersebut Sugar Glider sudah mandiri. Kesehatan bisa di cek dengan melihat bentuk kotoran dan perilaku Sugar Glider normal. Kelengkapan anggota tubuh juga harus diperhatikan. Dari kepala hingga ujung ekor. Jangan pernah membeli Sugar Glider dibawah umur 1 bulan.

Apakah pembelian dengan COD atau kirim kirim tidak memungkinkan?

Jawabanya adalah memungkinkan, tapi resiko terbesar ada di calon pembeli. Kecuali jika memang dari luar kota, anda harus benar benar percaya dengan seller atau breeder. Anda juga bisa memanfaatkan jasa Rekening Bersama.

COD biasanya (tidak semua) membuat Sugar Glider stress dan anda tidak dapat memastikan karakter sebenarnya. Ini adalah kondisi yang paling tidak diinginkan oleh kedua belah pihak. Karena calon pembeli tidak dapat memastikan karakter Sugar Glider, dan seller takut calon pembeli membatalkan pembeliannya.

Oleh karena itu kami sangat menyarankan untuk tetap mendatangi tempat seller atau breeder. Seller atau breeder tidak akan merasa rugi jika anda membatalkan karena anda merasa kurang cocok dengan Sugar Glider yang di tawarkan. Calon pembeli tidak perlu khawatir jika ada ketidak cocokan, karena biasanya ada pilihan yang lain. Atau juga bisa cukup dibatalkan saja.

Jadi, memang banyak hal yang harus dipersiapkan untuk memelihara Sugar Glider. Bukan sekedar biaya, tapi juga kemampuan untuk memeliharanya. Tunda 1 bulan untuk mempelajari terlebih dahulu akan jauh lebih baik daripada anda terburu-buru.

Baca artikel kami yang lain :
1. Cara Merawat Sugar Glider Untuk Pemula
2. Cara Menjinakan Sugar Glider Untuk Pemula
3. Cara Memandikan Sugar Glider

Comments

comments

srigati: FP Arganata adalah seorang breeder Sugar Glider sejak 2012. Selain itu, juga aktif dalam riset dan diskusi tentang sugar glider. Bahkan, beberapa kali menjadi juri kontes dan pembicara dalam seminar sugar glider.

View Comments (0)