Sugar Glider Albino, dari Ciri hingga Cara Merawat

Last Updated on 27 April 2021 by srigati

Sugar Glider Albino merupakan salah satu dari sekian banyak varian warna dari sugar glider. Salah satu yang sangat terlihat jelas adalah warna bulu putih dengan mata berwarna merah.

Sugar Glider Albino adalah salah satu yang terlahir tanpa pigmentasi. Albinisme disebabkan oleh mutasi pada salah satu gen yang menghasilkan melanin.

Albino adalah warna yang langka pada Sugar Glider. Albino memiliki genotip bersifat resesif. Oleh karena itu, diaharus memiliki dua alel albino agar bisa ditampilkan secara fenotip.

Berikut adalah beberapa ciri dari Sugar Glider Albino

sugar glider albino
  1. Warna Bulu
    Albino memiliki warna bulu putih dari ujung kepala sampai ujung ekor.
  2. Warna Mata
    Albino memiliki mata berwarna merah. Jadi warna merahnya menuju ke arah ruby.

Cara memelihara Sugar Glider Albino masih sama dengan varian yang lain. Yang harus lebih diperhatikan adalah kebersihan kandang. Karena memiliki warna dasar putih, maka akan dengan sangat mudah untuk terlihat kotor.

Yang selalu jadi masalah jika kita memelihara Sugar Glider yang memiliki warna dasar putih adalah mempertahankan warna agar tetap bersih. Karena jika sangat kotor warna putih akan berubah menjadi kuning lalu ke coklat.

Salah satu cara menghindari kotor adalah jumlah makanan yang ada di dalam kandang harus disesuaikan. Karena ketika sisa makanan bisa menempel ke bulu. Selain itu, selalu diperhatikan di jeruji kandang. Karena, ada beberapa Sugar Glider yang memiliki cara makannya sendiri. Dan banyak ditemukan kerak sisa makanan di jeruji besi.

Sleeping pouch juga tidak boleh lepas dari pengamatan kita. Sleeping pouch sebaiknya diganti dan dicuci 2-3 kali seminggu. Karena, banyak sekali kotoran yang menempel disana. Sebagai tempat tidur di dalam kandang, Sugar Glider akan sering berada disana. Jika pouch kotor dan terlalu lembab, maka akan membuat bulu Sugar Glider menjadi cepat kotor.

Jadi, buat kalian yang ingin memeliharanya sudah tahu konsekuensi yang harus dihadapi. Albino tidak disarankan untuk pemula karena selain harga cukup mahal, kebersihan juga harus sangat diperhatikan. Dan bukan berarti selain albino kandang boleh kotor. Karena memelihara binatang, kebersihan kandang akan selalu menjadi faktor yang harus diperhatikan.

Baca juga artikel kami yang lain : Kandang Sugar Glider dan Isi di Dalamnya

Comments

comments

srigati

FP Arganata adalah seorang breeder Sugar Glider sejak 2012. Selain itu, juga aktif dalam riset dan diskusi tentang sugar glider. Bahkan, beberapa kali menjadi juri kontes dan pembicara dalam seminar sugar glider.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grooming Sugar Glider