Sugar Glider Platinum dan Ciri Cirinya

Last Updated on 26 July 2022 by srigati

Sugar Glider Platinum adalah salah satu varian terfavorit. Selain karena warnanya yang cantik, varian Platinum juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Varian ini masuk dalam gen resesif.

Sayangnya varian Platinum banyak disalah artikan oleh banyak orang. Banyak orang yang kesulitan untuk membedakan antara Platinum dengan White Face Blonde. Sebenarnya hanya membutuhkan sedikit keberanian untuk bertanya dan kejujuran untuk menjawab.

Varian Platinum memiliki warna badan abu terang dan sering terlihat kecoklatan. Mata berwarna hitam. Hanya ada 1 pattern warna, garis dorsal cenderung berwarna kecoklatan dan memiliki warna ujung ekor abu gelap.

Sugar Glider Platinum

Berikut adalah beberapa hal tentang Sugar Glider Platinum :

1. Perbedaan Sugar Glider Platinum dengan White Face Blonde.

Pada dasarnya, kejujuran peternak tentang silsilah indukan sangatlah penting. Karena kesalahan biasanya dimulai dari hal tersebut. Platinum hanya bisa dihasilkan jika kedua belah pihak indukan memiliki gen platinum, atau juga bisa persilangan antara gen platinum x dengan gen leucistic.

Platinum memiliki warna bulu abu muda dan garis dorsal tipis, kecoklatan dan memudar. Sedangakan White Face Blonde Memiliki warna abu pudar ke arah kekuningan dan memiliki garis dorsal yang tebal dan lebih gelap.

Jika anda menyilangkan antara Sugar Glider gen dominan het platinum dengan Sugar Glider gen dominan het platinum/Leucistic maka yang paling utama dilihat adalah fenotif (ciri warna) bukan genotif. Jika anda menyebutnya Platinum, maka pastikan semua ciri warna platinum ada di sana. Saat ini banyak varian White Face Blonde di sebut platinum, hanya dengan dasar warna sedikit terang dan berasal dari indukan yang memiliki gen platinum.

2. Perbedaan Platinum dengan True Platinum Mozaik (TPM)

Sama dengan sebelumnya yang terpenting adalah keterbukaan tentang silsilah dari indukan. Platinum adalah Single Morph sedangkan TPM adalah Combo Morph. TPM bisa dihasilkan jika memiliki Gen Platinum di kedua belah pihak dan gen Mozaik di salah satu atau kedua belah pihak. TPM harus memiliki ciri fenotif Platinum dan ciri fenotip mozaik.

Jadi, yang terpenting sebelum memilih varian ini adalah anda harus mengenali ciri warna dari Varian Platinum. Akan tetapi, kejelasan Gen indukan juga harus diperhatikan, karena akan mempengaruhi hasil keturunan selanjutnya.

Harga Sugar Glider Platinum

Beberapa tahun terakhir variant platinum cukup populer. Harga yang dipatok oleh seller maupun breeder cukup bervariasi. Dari harga 1,500,000 hinga 3,000,000 rupiah bahkan lebih. Semua tergantung dari kualitas Sugar Glider tersebut. harga tentunya bisa lebih tinggi lagi jika membawa gen resesif lain. Biasanya, jika membawa gen lain bisa mencapai 2-3 kali lipat harga platinum pada umumnya.

Jika anda ingin membaca tentang varian Sugar Glider yang lain and bisa klik di sini.

Baca artikel kami yang lain :
1. Cara Merawat Sugar Glider Untuk Pemula
2. Cara Menjinakan Sugar Glider Untuk Pemula
3. Cara Memandikan Sugar Glider

Comments

comments

srigati

FP Arganata adalah seorang breeder Sugar Glider sejak 2012. Selain itu, juga aktif dalam riset dan diskusi tentang sugar glider. Bahkan, beberapa kali menjadi juri kontes dan pembicara dalam seminar sugar glider.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *