Jenis Sugar Glider Berdasarkan Warna

Last Updated on 22 January 2023 by srigati

Jenis Sugar Glider bedasarkan warna ada banyak sekali. Tercatat lebih dari 30 jenis warna Sugar Glider yang pernah terdokumentasikan. Hal ini merupakan kabar baik untuk semua pecinta Sugar Glider.

Jika berbicara jenis Sugar Glider berdasarkan warna, maka tidak akan lepas dari genetik Sugar Glider. Genetik pada Sugar Glider dikenal ada 2 kelompok besar. Pertama adalah Dominan atau gen kuat, dan yang kedua adalah Resesif atau gen lemah.

Warna Grey, White face, White face blonde dan mozaik memiliki gen dominan. Sedangkan warna Platinum, Leucistic, Creamino dan Albino memiliki gen resesif.

Jenis Sugar Glider saat ini sudah sangat banyak. Itu semua adalah hasil dari breeder breeder terbaik. Pada tahun 2019 silam, combo morph menjadi primadona di dunia Sugar Glider. Di tahun 2020 sepertinya combo morph Sugar Glider masih akan menjadi favorit para pecinta Sugar Glider.

Berikut adalah jenis – jenis Sugar Glider berdasarkan warna:

  1. Classic Grey
    Classic Grey adalah varian yang paling banyak dijumpai.Memiliki warna abu-abu gelap sampai abu-abu muda, mata hitam dan memiliki ekor hitam di ujungnya. Dorsal berwarna hitam,dan ada lingkaran hitam di sekeliling mata dan lingkaran hitam di sekeliling telinga.
    Sugar Glider Grey Joey
  2. Whiteface & Whiteface Blonde
    WF dan WFB memiliki ciri ciri yang hampir mirip, tidak ada garis dan lingkaran disekitar mata dan telinga. Hal yang paling membedakan adalah warna bulu. Untuk WF warna abu cenderung lebih gelap dan mirip dengan Classic Grey, sedangkan WFB memiliki warna abu yang lebih pudar/kekuningan.
    sugar glider white face
  3. Leucistic
    Sugar Glider Leucistic memiliki dasar warna putih polos agak kekuningan, dan “Tanpa” warna hitam dibagian tubuh selain mata.
    Sugar Glider Leucistic
  4. Platinum
    Sugar Glider Platinum memiliki warna bulu abu-abu muda keperakan dengan mata berwarna hitam.
    Sugar Glider Platinum
  5. Creamino
    Warna bulu cream atau coklat muda dengan avatar dan dorsal berwarna coklat adalah ciri dari Sugar Glider Creamino. Creamino juga memiliki mata berwarna merah gelap.
  6. Albino
    Sugar Glider Albino memiliki warna putih polos tanpa ada avatar dan dorsal. Albino memiliki mata berwarna merah terang.
  7. Mozaik
    Sugar Glider Mosaik memiliki warna dasar abu yang serupa dengan Classic Grey. Varian ini memiliki bercak/corak putih di berbagai bagian tubuhnya.
    Sugar Glider Jinak

Berikut adalah beberapa sub-varian warna mozaik:

  • White Face Mozaik
    White Face Mozaik memiliki ciri yang sama dengan mosaik, akan tetapi Whiteface Mozaik memiliki ciri varian Whiteface juga.
  • Mozaik Ringtail
    Mozaik Ringtail memiliki ciri-ciri fisik selayaknya seperti mozaik, tetapi memiliki pattern Ringtail pada ekornya.
    Sugar Glider Mozaik Ringtail
  • Platinum Mozaik
    Memiliki ekor putih adalah ciri khas dari varian ini, dilengkapi dengan warna putih di kaki dan tidak memiliki garis dorsal.
    Sugar Glider Platinum Mozaik
  • Mozaik Marble
    Mozaik Marble memiliki ciri yang sama dengan mozaik akan tetapi mempunyai beberapa spot yang membentuk sebuah pattern atau corak yang kontras dengan warna mosaik itu sendiri.

  • Piebald
    Sugar Glider Piebald memiliki warna dasar putih, akan tetapi dia juga memiliki spot yang berwarna dan bercorak grey(sesuai dengan pattern grey).
  • White Mozaik
    White Mozaik memiliki warna putih polos, tanpa ada avatar, tanpa dorsal, mata berwarna hitam dan memiliki warna telinga hitam.
    Sugar Glider White Mozaik

Diatas adalah beberapa jenis Sugar Glider berdasarkan warnanya. Masih banyak warna warna yang lain yang belum disebutkan. Akan tetapi jenis warna diatas adalah warna Sugar Glider yang sering kita jumpai.

Memilih yang mana?

Warna Sugar Glider memang sangat bagus dan unik. Keunikan warna biasanya juga menjadi nilai tambah harga jual Sugar Glider tersebut. Tinggal anda para owner yang bisa memutuskan untuk lebih menyukai jenis Sugar Glider yang seperti apa.

Semua jenis Sugar Glider diatas memiliki karakteristik yang berbeda beda. Pastikan anda menemui breeder yang memiliki kualitas yang baik. Memiliki pengalaman salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih breeder.

Baca artikel kami yang lain :
1. Sugar Glider Mozaik dan variannya
2. Mengapa bergabung dengan komunitas itu PERLU?
3. Harga Sugar Glider dan Perlengkapan untuk Pemula
4. Cara Memandikan Sugar Glider

Comments

comments

srigati

FP Arganata adalah seorang breeder Sugar Glider sejak 2012. Selain itu, juga aktif dalam riset dan diskusi tentang sugar glider. Bahkan, beberapa kali menjadi juri kontes dan pembicara dalam seminar sugar glider.

You may also like...

2 Responses

  1. 26 March 2020

    […] Baca juga artikel kami : 1. Tips Sebelum Membeli Sugar Glider2. Cara Ternak Sugar Glider versi Srigati Sugar Glider3. Jenis Sugar Glider Berdasarkan Warna […]

  2. 26 March 2020

    […] kami :1. Tips Sebelum Membeli Sugar Glider2. Cara Ternak Sugar Glider versi Srigati Sugar Glider3. Jenis Sugar Glider Berdasarkan Warna4. Cara Menjinakan Sugar Glider Untuk Pemula5. Cara Merawat Sugar Glider Untuk […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grooming Sugar Glider