Cara Mengawinkan Sugar Glider versi sugarglider.id

Last Updated on 24 June 2021 by srigati

Cara mengawinkan Sugar Glider sebenarnya cukup mudah. Bahkan bisa dilakukan oleh mereka para pemula. Akan tetapi, memang banyak yang harus diperhatikan sebelum mekalukan hal tersebut.

Cara mengawinkan sugar glider

Mengawinkan Sugar Glider tidaklah semata mata menggabungkan betina dan jantan. Banyak hal yang perlu dipersiapkan. Dari Sugar Glider itu sendiri, hingga kita sebagai owner. Manajemen risiko dirasa cukup membantu.

Berikut adalah kesalahan-kesalahan umum pada saat mengawinkan SG

  1. Owner tidak tahu cara membedakan jenis kelamin pada Sugar Glider
    Hal ini sebenarnya sepele, tapi percayalah ini adalah dasar dari semuanya. Cukup sering terjadi para owner (pemula) menjodohkan SG yang ternyata mereka jantan semua ataupun sebaliknya.
  2. Owner tidak mengetahui usia Sugar Glider
    Usia Sugar Glider siap kawin adalah sekitar usia 6 atau 7 bulan OOP. Terkadang owner tidak sabar untuk mendapatkan joey, dan mulai menjodohkan di usia dini. Yang harus diperhatikan juga adalah kesiapan mental dari calon indukan. Risiko seperti Stres hingga Reject pada Sugar Glider muda cukup tinggi.
  3. Tidak cek kondisi Sugar Glider sebelum mengawinkan
    Melakukan hal ini cukup sederhana. Observasi beberapa hari atau minggu sebelum dikawinkan menjadi kewajiban. Seperti karang gigi, jika SG menderita karang gigi akan dapat menimbulkan pasangannya tertular karang gigi. Pada dasarnya Karang gigi tidak menular. Akan tetapi, mereka makan bersama dan bakteri bisa tersebar pada saat makan bersama.
  4. Memandikan SG dengan cara yang salah.
    Beberapa orang melakukan mandi massal saat sebelum menggabungkan SG dalam 1 kandang. Sebenarnya tidak ada masalah dengan mandi, tapi biasanya caranya yang salah. Salah satu yang sering dilakukan adalah SG secara bersama sama diletakkan di ember/bak yang berisi air. Meskipun air tidak tinggi, tetapi cara tersebut dinilai cukup kejam. Padahal bisa dilakukan dengan hanya mengelapnya. Kami masih tidak mengerti apa tujuan dari mereka melakukan hal tersebut. Karena kami meyakini, untuk mengeringkan 1 SG saja membutuhkan waktu 10-15 menit. Bagaimana jika ada 2 SG yang basah secara bersamaan?

Memang susah susah gampang untuk mengawinkan Sugar Glider. Tapi, jika owner tahu cara yang tepat untuk melakukannya. Kali ini kami akan berbagi cara mengawinkan Sugar Glider versi kami.

Berikut Cara mengawinkan Sugar Glider versi Srigati Sugar Glider

  1. Pastikan bahwa Sugar Glider tersebut adalah sepasang atau jantan dan betina
    Seperti uraian sebelumnya, hal ini adalah hal yang paling mendasar. Jadi pastikan terlebih dahulu. Jika ragu ragu, anda bisa menanyakan ke teman yang lebih paham tentang Sugar Glider.
  2. Pastikan usia sudah cukup
    Sugar Glider akan siap dikawinkan rata rata di usia 6 atau 7 bulan OOP atau lebih. Ini juga sangat penting untuk owner, karena untuk menjaga ekspektasi. Pasti owner sangat menunggu Sugar Glider beranak. Akan tetapi jika kita memasangkan dengan usia kurang, maka prosesnya pun biasanya akan lebih lama.
  3. Pastikan Sugar Glider tidak Sedarah
    Ini adalah hal yang sangat sangat penting. Karena ketika kawin sedarah maka risiko untuk anakan/joey terlahir cacat secara fisik maupun gen akan lebih besar. Biasanya akan mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan dari Sugar Glider itu sendiri.
  4. Cek kesehatan Sugar Glider
    Langkah ini sangat penting untuk dilakukan. Karena ini akan sangat berpengaruh untuk kesehatan Sugar Glider yang lain. Beberapa penyakit bisa menular pada saat mereka makan bersama.
  5. Perkenalkan Sugar Glider sebelum dipasangkan
    Mungkin ini adalah hal yang sangat klasik. Akan tetapi, hal ini masih sangat efektif. Biasanya kami akan mengenalkan mereka kurang lebih 1-3 hari. Dengan menempel kandang kedua SG tersebut. Tentunya dengan penyekat yang rapat. Sesekali buat mereka saling berinteraksi.
  6. Awasi 1-2 jam pertama setelah dipasangkan.
    Semua hal akan terjadi. Biasanya pertengkaran tidak terelakkan. Nah, saat itulah peran owner untuk mengawasi.
  7. Gunakan kandang dan pouch baru
    Yang dimaksud kandang dan pouch baru adalah kandang dan pouch tersebut bersih dari bau SG yang lain atau SG itu sendiri. Agar mereka berdua tidak ada yang merasa lebih berkuasa di tempat tersebut.
  8. Membersihkan Sugar Glider Sebelum dipasangkan.
    Selain untuk menjaga kebersihan SG, hal ini juga bisa membuat SG menjadi lebih fresh.
  9. Berikan tempat yang nyaman
    Ukuran pouch juga harus disesuaikan dengan ukuran tubuh kedua Sugar Glider. Selain itu, kami biasanya juga mengusahakan untuk menggunakan pouch yang lebih tertutup.
  10. Bersabarlah untuk menunggu
    Ini menjadi hal yang penting, karena ini harus dilakukan seterusnya.

Setiap breeder biasanya memiliki caranya masing masing. Cara diatas adalah cara yang sering kami lakukan. Perbedaan cara antar breeder msering terjadi, tinggal anda sebagai owner bisa memilih cara yang mana yang ingin diikuti.

Semua cara mengawinkan Sugar Glider pasti memiliki positif dan negatif. Selain itu juga memiliki risiko masing masing. Semoga tips kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

Baca Juga :
1. Cara Ternak Sugar Glider versi Srigati Sugar Glider
2. Cara Memandikan Sugar Glider
3. Cara Merawat Sugar Glider Untuk Pemula
4. Cara Menjinakan Sugar Glider Untuk Pemula
5. Ciri Sugar Glider Hamil Menurut Breeder

Comments

comments

srigati

FP Arganata adalah seorang breeder Sugar Glider sejak 2012. Selain itu, juga aktif dalam riset dan diskusi tentang sugar glider. Bahkan, beberapa kali menjadi juri kontes dan pembicara dalam seminar sugar glider.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grooming Sugar Glider