Cara memelihara Sugar Glider untuk Pemula

Memelihara Sugar Glider termasuk yang tidak terlalu merepotkan. Jika anda pernah memelihara binatang lain seperti kucing atau burung, maka memelihara Sugar Glider bukan suatu hal yang rumit. Meskipun demikian, kita tidak bisa menganggap enteng hal detail dari cara memelihara Sugar Glider. Mari kita bahas tentang bagaimana cara memelihara sugar glider yang baik dan benar.

Pola Makan
Seperti yang kita tahu Sugar glider di alamnya adalah binatang omnivora. Dimulai dari buah, getah sampai dengan serangga. Akan tetapi untuk lebih mudahnya, ketika dipelihara kebanyakan owner memilih untuk menggunakan bubur bayi sebagai makanan utama. Kendati demikian, serangga tetap dibutuhkan Sugar Glider untuk kebutuhan proteinnya. 2 kali sehari (Pagi dan Malam) dirasa cukup untuk Sugar Glider. Biasanya Serangga diberikan 2 hari sekali atau 3 hari sekali dengan takaran yang ditentukan. Jangan Lupa buah juga bisa dijadikan selingan agar Sugar Glider tidak bosan. Yang paling penting yang harus diketahui adalah bahwa setiap hari makanan harus diganti dengan yang baru. Biasanya Bubur Bayi hanya bertahan beberapa jam saja(sekitar 6-10 jam).

Kebersihan Kandang
Kandang yang biasa digunakan adalah Kandang besi yang memiliki jeruji yang rapat. Kandang biasanya berukuran panjang 40-60cm. Kebersihan kandang juga menjadi salah satu faktor utama dalam menjaga kesehatan Sugar glider. Jika memungkinkan kandang dibersihkan setiap hari akan sangat bagus untuk kesehatan Sugar glider, namun jika tidak memungkinkan bisa dilakukan 2-3 hari sekali. Biasanya banyak juga yang menggunakan alas pasir atau serbuk kayu untuk mengurangi bau dari kotoran sugar glider karena hanya bisa membersihkan 5-7 hari sekali.

Handling

Salah satu kelebihan dan daya tarik dari Sugar Glider adalah sifat bonding yang dimilikinya. Oleh sebab itu handling menjadi sangat penting. Resiko digigit dan dicakar memang harus dihadapi. sebagai pencegahnya, kuku sugar glider harus dipotong jika sudah mulai tajam.

Mandi
Memandikan sugar glider cukup dengan tisu basah non alkohol 3-7 hari sekali, dan jangan biarkan Sugar glider anda basah terlalu lama. Dianjurkan untuk langsung di keringkan dengan tisu kering. Jangan coba-coba memandikan Sugar Glider dengan air(direndam atau disemprot) jika anda masih dalam tahap belajar. Karena jika terjadi kesalahan, risiko terbesar adalah kematian pada sugar glider.

Dari semua yang telah dijabarkan diatas dirasa sudah cukup untuk pemula. Akan tetapi kami tetap menganjurkan anda untuk bergabung ke komunitas, agar anda mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi. Silahkan baca artikel lain kami pentingnya berkomunitas untuk lebih jelas lagi.

Follow instagram kami di @srigatisugarglider
Like Fanspage kami di Srigati Sugar Glider

Thx
by : FPA

Comments

comments

srigati: FP Arganata adalah seorang breeder Sugar Glider sejak 2012. Selain itu, juga aktif dalam riset dan diskusi tentang sugar glider. Bahkan, beberapa kali menjadi juri kontes dan pembicara dalam seminar sugar glider.

View Comments (0)