Sugar Glider TPM dan Rumus Persilangan SG

Sugar glider True Platinum Mozaik atau yang sering disebut dengan Sugar Glider TPM adalah salah satu dari varian warna. Uniknya TPM ini masuk ke dalam combo morph.

Sugar Glider TPM ( True Platinum Mozaik )

Combo Morph dapat diartikan bahwa sugar glider tersebut memiliki 2 gen berbeda. TPM hanya bisa dihasilkan jika ada gen dominan (mozaik) di salah satu induk dan 1 gen resesif (platinum) di kedua induk.

Bagaimana cara mendapatkan TPM ?

Mendapatkan TPM cukup mudah, namun memerlukan waktu yang cukup panjang. Sebelum anda ingin mempelajari tentang Sugar Glider TPM, anda wajib mengetahui rumus persilangan sugar glider dasar.

Rumus yang harus dipahami antara lain, rumus persilangan genetik Mozaik dan rumus persilangan platinum. Kenapa demikian? karena kedua rumus itulah yang akan membantu anda untuk mencetak TPM.

Rumus Persilangan Sugar Glider Mozaik

Rumus persilangan mozaik menggunakan pakem genetik dominan. Oleh karenanya, hasil peranakan mozaik tidak boleh disebut het mozaik.

Rumus Persilangan Sugar Glider Gen Dominan

Diatas adalah tabel umum tentang persilangan gen dominan. Jika hasil yang dikeluarkan dari indukan tidak sesuai dengan tabel diatas, maka ada yang salah dengan pelabelan indukan anda. Istilah jakpot kami rasa kurang pas karena pada dasarnya semua bisa diperhitungkan.

Rumus Persilangan Sugar Glider Platinum

Sugar glider platinum menggunakan pakem genetik resesif. Meskipun demikian, Platinum memiliki hubungan khusus dengan Leucistic. Silakan di simak tabel di bawah ini.

Rumus Persilangan Sugar Glider Gen Platinum X Leucistic

Tabel diatas merupakan rumus persilangan dari platinum. Oleh karena itu, hasil peranakan dari platinum bisa disebut het platinum (kecuali leucistic karena tidak ada leucistic het platinum).

Rumus Persilangan TPM

Berikut ini adalah hasil dari catatan kandang kami (Srigati), pada saat menghasilkan True Platinum Mozaik :

  1. Mozaik het platinum X Mozaik het platinum
  2. Mozaik het leu X Platinum
  3. Platinum X Mozaik het platinum
  4. TPM X Platinum

Data diatas tidak akan selalu menghasilkan TPM. Semua yang kami sajikan diatas tentu saja tidak lengkap. Akan tetapi, data yang kami kumpulkan dari kandang kami sudah kami buktikan. Apakah masih ada cara yang lain? tentu saja ada, teman teman bisa mix and match dari rumus-rumus diatas dan tetap menggunakan pakem combo morph.

Comments

comments

srigati: FP Arganata adalah seorang breeder Sugar Glider sejak 2012. Selain itu, juga aktif dalam riset dan diskusi tentang sugar glider. Bahkan, beberapa kali menjadi juri kontes dan pembicara dalam seminar sugar glider.