Sugar Glider Crabbing, Apa Solusinya?

Crabbing pada sugar glider merupakan sebuah respon yang dimiliki sugar glider ketika sedang tidak nyaman. Suara yang sebagian orang anggap sedikit menakutkan, akan tetapi itu suara yang wajar.

Banyak owner yang kebingungan bagaimana cara untuk menghilangkan kebiasaan crabbing dari sugar glider mereka. Pengalaman dari banyak sugar glider lover untuk mengatasi hal ini bukan hal yang mudah, tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan.

sugar glider

Apakah semua sugar glider itu crabbing?

Ya, pada dasarnya Crabbing itu sendiri adalah insting alami dari binatang ini. Bahkan hal itu sudah bisa dilihat dari usia 1 bulan OOP. Akan tetapi, dengan treatment yang tepat maka hal itu akan berkurang dengan sendirinya. Berkurang ya, bukan hilang.

Mungkin anda pernah melihat beberapa sugar glider tidak atau jarang crabbing. Jawabnya simple, karena sugar glider sudah sangat percaya kepada owner atau manusia. Nah, proses menumbuhkan rasa percaya itulah yang cukup sulit dan memakan waktu.

Biasanya, crabbing itu sendiri juga dikarenakan kebiasaan indukan yang crabbing juga. Pada saat masih bersama induk, dan indukan sering crabbing akan membuat anaknya juga ikut crabbing.

Bagaimana cara mengurangi crabbing?

Buatlah sugar glider anda untuk lebih mempercayai anda. Karena dengan kepercayaan itu maka sugar glider tidak akan merasa terancam. Dengan hal itu anda hanya perlu menunggu waktu saja.

Jika anda ingin sugar glider anda lebih mempercayai owner, maka hal hal seperti mengajak main (handling) wajib dilakukan dengan rutin. Selain itu, hal seperti secara sengaja mengganggu harus dihilangkan.

Seperti meniup-niup sugar glider juga tidak disarankan dalam proses ini, karena biasanya itu akan membuat mereka tidak nyaman. Perlakukan mereka dengan baik dan lembut.

Hal diatas bisa dilakukan jika anda ingin mengurangi crabbing pada sugar glider anda. Karena, hal diatas adalah hal yang selalu dilakukan kebanyakan sugar glider lover untuk membuat sugar glidernya menjadi lebih tenang.

Memang setiap sugar glider berbeda cara untuk menanganinya, dan hal diatas adalah salah satu cara yang mungkin bisa anda lakukan.

Lakukan dengan sabar dan nikmatilah prosesnya. Jika berhasil melakukan hal itu, maka anda akan menemukan hal yang baru yang bisa anda sebarkan.

Baca juga: Sugar Glider Bonding dan Proses Penjinakan

Comments

comments

srigati: FP Arganata adalah seorang breeder Sugar Glider sejak 2012. Selain itu, juga aktif dalam riset dan diskusi tentang sugar glider. Bahkan, beberapa kali menjadi juri kontes dan pembicara dalam seminar sugar glider.