Sugar Glider Bonding dan Proses Penjinakan

Sugar Glider memiliki daya tarik tersendiri untuk setiap penggemarnya.Bonding adalah salah satu dari banyak alasan bagi beberapa orang memutuskan Sugar Glider sebagai hewan pelihaaannya. Bonding itu sendiri adalah sebuah hubungan yang biasanya dimulai saat kelahiran/pertama kali bertemu dengan partner(owner), yang akhirnya membentuk dasar saling keterikatan yang berkelanjutan.

Menurut beberapa orang bonding ditandai dengan Sugar Glider bisa melakukan beberapa hal, misalnya Come to Papa(Sugar Gider mampu mengikuti/mengejar owner) atau Glider to Me(Sugar Glider mampu glide dari suatu tempat ke owner). Apakah itu benar? menurut saya itu sedikit berlebihan. Karena pada dasarnya ketika Sugar Glider itu sudah nyaman dengan kita, tidak selalu bersikap siaga kepada kita pada saat berinteraksi. Mulai dari hal itu maka keterikan akan dimulai dari rasa percaya Sugar Glider terhadap kita. Akan tetapi jika Sugar Glider sudah mampu melakukan Come to Papa atau Glide to Me dapat dipastikan Sugar Glider sudah terjadi ikatan dengan partner/owner nya.

Banyak orang yang bertanya-tanya Bagaimana cara membuat Sugar Glider menjadi Bonding dengan owner?. Pada dasarnya yang terpenting adalah menciptakan rasa percaya terhadap Sugar Glider bahwa kita tidak akan melakukan hal hal yang membahayakan atau membuat Sugar Glider tidak nyaman.

Sering berinteraksi dengan Sugar Glider adalah salah satu yang sangat dianjurkan sebagai langkah awal untuk mengenalkan diri dengan Sugar Glider. Biasanya juga disarankan untuk meletakkan pakaian yang setelah kita pakai di dekat kandang dengan tujuan agar Sugar Glider mengenali bau ubuh dari owner. Berinteraksi pada saat memberi makan salah satu cara untuk menunjukkan perhatian kita ke Sugar Glider dengan ini Sugar Glider akan memberikan perhatian kepada siapa yang biasa memberi dia makan. Tentunya semua itu tidak lengkap jika kebersihan kandang tidak dijaga dengan baik.

Jadi Bonding akan tercipta jika kita dengan setulus hati merawat dan menjaga mereka. Jika berinteraksi saja tidak pernah dilakukan alangkah lebih bijaksana untuk tidak berharap(Bonding) berlebihan kepada Sugar Glider. Itulah sebabnya Bonding itu sendiri memiliki proses(waktu) yang berbeda-beda, bisa 1 hari, mungkin 1 minggu, atau 1 bulan, bahkan 1 tahun atau lebih.

Baca juga : Info Penitipan Sugar Glider

by : FPA

Comments

comments

srigati: FP Arganata adalah seorang breeder Sugar Glider sejak 2012. Selain itu, juga aktif dalam riset dan diskusi tentang sugar glider. Bahkan, beberapa kali menjadi juri kontes dan pembicara dalam seminar sugar glider.