Kandang Sugar Glider dan Isi di Dalamnya

Kandang SG

Kandang yang digunakan untuk Sugar Glider biasanya menggunakan kandang berbahan besi. Kandang besi digunakan karena lebih kuat dari pada kandang kayu. Karena Sugar Glider senang menggigit-gigit barang tentunya kandang menjadi sasaran empuk untuk digigit.

Kandang Sugar Glider . -Srigati Sugar Glider

Biasanya, kandang berukuran 60cm menjadi pilihan utama. Untuk sepasang Sugar Glider biasanya menggunakan ukuran 60cm atau 40cm dirasa cukup. Kandang ukuran 30cm atau 25cm biasanya digunakan untuk joey berusia 1,5 bulan sampai 3 bulan.

Daya tarik Sugar Glider tidak hanya karena dia bisa bonding. Menghias kandang merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Di Indonesia tipe kandang yang biasa digunakan adalah ukuran 60cm dengan minim aksesoris.

Akan tetapi, diluar negeri mereka menggunakan kandang berukuran lebih besar. Kandang ukuran 100-150cm dimungkinkan untuk menggunakan aksesoris yang lebih banyak.

Apa saja yang ada di dalam kandang Sugar Glider?

  1. Sleeping Pouch
    Sleeping Pouch digunakan Sugar Glider untuk tempat tidur. Banyak sekali macam dari sleeping pouch. Dari model hiding, cave, hingga hanging. Semua disesuaikan dengan kebutuhan Sugar Glider.
  2. Tempat Makan
    Tempat makan Sugar Glider biasanya menggunakan wadah plastik atau dari besi(kaleng). Ukuran tempat makan biasanya disesuaikan dengan ukuran dan jumlah Sugar Glider. Karena, jika terlalu besar atau terlalu dalam ada kemungkinan Sugar Glider akan masuk ke dalamnya.
  3. Tempat Minum
    Tempat minum yang digunakan biasanya adalah tempat minum hamster. Tidak menggunakan tempat minum yang terbuka karena ditakutkan Sugar Glider akan masuk ke dalam air.
  4. Mainan atau Aksesoris
    Aksesoris tambahan biasanya adalah mainan untuk sugar glider. Rantai, fines, dan Wodent Wheel biasanya menjadi pilihan utama. Pemilihan aksesoris biasanya di sesuaikan dengan besar kandangnya dan kebiasaan Sugar Glider.

Dari semua yang telah diuraikan diatas, banyak hal yang seru yang bisa dikulik. Dari pemilihan ukuran hingga apa saja yang ada di dalamnya.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa semua yang akan disiapkan untuk Sugar Glider adalah untuk kebutuhan Sugar Glider. Kelengkapan tersebut sebaiknya dapat membuat nyaman Sugar Glider saat di kandang, bukan sebaliknya.

Baca juga artikel kami : Makanan Sugar Glider, Berikut Daftarnya

Comments

comments

srigati: FP Arganata adalah seorang breeder Sugar Glider sejak 2012. Selain itu, juga aktif dalam riset dan diskusi tentang sugar glider. Bahkan, beberapa kali menjadi juri kontes dan pembicara dalam seminar sugar glider.

View Comments (0)